Jumat, 29 Januari 2010

Berbagai pengertia tentang Istilah Didalam E-Bisnis

Pengertian e-bisnis

Definisi menurut IBM (http://www.ibm.com/e-business) ebisnis adalah sebuah transformasi dari kunci proses bisnis melalui penggunaan teknologi internet.
Menurut Departemen Perdagangan dan Industri UK, DTI 2000 menggambarkan ebisnis adalah integrasi penuh terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam operasional proses bisnis.

Definisi secara umum, ebisnis adalah pertukaran informasi yang dimediasi secara elektronik didalam organisasi dan eksternal stakeholder untuk mendukung proses bisnis ( Ebusiness and ecommerce management, Dave Chaffey, 2007).


Ada dua hal dalam memberikan istilah ebisnis dalam perusahaan.
Pertama, sebuah konsep yang diterapkan untuk strategi dan operasi.
Kedua, ebisnis digunakan sebagai sebuah sifat untuk menggambarkan bisnis utama yang beroperasi secara online.

ebisnis membuka peluang bagi perusahaan kecil dan besar untuk berkompetisi di pasar global. Mereka memiliki kesempatan dan peluang yang sama tanpa ada batasan.

Coba Lihat iklan teks di google.com, apakah Anda tahu link iklan di sisi sebelah kanan google.com tersebut perusahaan kecil atau besar. Anda baru tahu setelah melakukan klik terhadap situs tersebut. Inilah yang dimaksud bahwa perusahaan kecil dan besar memiliki peluang yang sama untuk dikunjungi hingga akhirnya sukses di dunia maya. Tentu bukan itu saja faktor keberhasilan sebuah website, karena faktor berikutnya justru pada apa yang akan ditawarkan oleh website yang akan dikunjungi oleh pembaca tersebut.

Pengertian B2B,B2C,C2C,B2B2C dan B2E :

B2B ( Bussines to Bussines )


B2B adalah transaksi secara elektronik antara entitas atau obyek bisnis yang satu ke obyek bisnis lainnya, dapat disimpulkan B2B adalah :
  • Disebut juga transaksi antar perusahaan
  • Transaksinya menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi & konsultasi
  • Digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
keterangan :

EDI - singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer - antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.

B2C (Bussines to Consument )
adalah kegiatan E-businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa.

Dengan penjualan langsung di internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum. kelebihan dari B2c adalah sebagai berikut :

  • Disebut dengan transaksi pasar
  • Konsumen m’pelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi
  • Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
  • Memintaagar barang dikirimkan

C2C ( Consumer to Consumer )

C2C adalah model e-commerce yang menjamur di Indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh individu yang umumnya memanfaatkan layanan blog gratis seperti blogspot).

C2C terjadi seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.


B2B2C ( Bussines to Bussines & Bussines to Consument )

B2B2C adalah campuran dari keduanya, di mana terdapat perusahaan yang menyediakan produk/jasa mereka kepada klien/agen dan di lain sisi klien/agen tersebut juga mempunyai customer tempat mereka menjual produk/jasa tersebut.


B2E ( Bussines to Employee )

B2E adalah layanan yang disediakan sebuah perusahaan pada karyawannya untuk memudahkan urusan karyawan dengan perusahaan. Misalkan seorang karyawan yang ingin mengambil cuti, tidak perlu lagi menghadap bagian kepegawaian. Ia dapat mengakses situs resmi perusahaan dan mengajukan permohonan cuti tersebut. Atau seorang karyawan yang ingin mendapatkan tunjangan kesehatan karena dirawat di rumah sakit, cukup mengakses situs resmi perusahaan dan mengisi formulir secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar